Change Your Language

 

Ternyata ngopi mampu membantu sistem kinerja otak

0 komentar
Manfaat dan khasiat kopi – Banyak sekali manfaat dan khasiat kopi itu sendiri bagi kesehatan dan kecantikan. Salah satu manfaatnya adalah dapat mengatasi rasa kantuk yang berlebihan, dapat menenangkan pikiran, dsb. Jika Anda meminum kopi tidak secara berlebihan maka banyak sekali manfaat dan khasiat kopi yang dapat Anda rasakan. Berikut ada beberapa manfaat dan khasiat kopi:

Membantu pernafasan – Untuk Anda yang sering mengalami gangguan pada pernafasan, sebaiknya cobalah untuk mengkonsumsi kopi setiap harinya. Hal ini dikarenakan berdasarkan hasil penelitian yang mengatakan bahwa kafein yang terdapat didalam kopi memperkuat kerja tonus yaitu otot paru-paru yang membantu pernafasan. Sehingga dengan mengkonsumsi kopi dapat melancarkan pernafasan. Sebagai catatan bahwa bagi Anda penderita asma jangan lalu mengganti obat Anda dengan kopi. Karena kopi bukanlah obat ajaib.

Dapat mencegah kanker payudara – Kopi dapat melepaskan phytoestrogen dan flavonoid yaitu sebuah zat yang dapat menahan pertumbuhan tumor/kanker. Dengan demikian maka kopi dapat juga membantu mengurangi resiko terkena penyakit kanker payudara.

Membantu menghilangkan rasa sakit kepala – Berdasarkan penelitian yang membuktikan bahwa sekitar 200 miligram kafein yang dihasilkan kopi dapat membantu menghilangkan sakit kepala, termasuk migrain. Memang hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bagaimana cara kafein dapat menghilangkan sakit kepala, namun para peneliti meyakini bahwa kafein meningkatkan aktivitas sel otak yang mengakibatkan pembuluh darah di sekitarnya menegang.

Melawan diabetes – Sebuah penelitian di Amerika yaitu American Journal of Clinical Nutrition mendapatan bahwa kopi dapat menurunkan diabetes tipe-2. Berdasarkan penelitian tersebut dimana menurutnya ada beberapa kandungan zat yang terdapat pada kopi yang dapat membantu mengatur kadar glukosa dalam darah.

Mengurangi resiko stroke – Sebuah studi atas lebih dari 83 ribu wanita berusia lebih dari 24 tahun menunjukkan mereka yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko terkena stroke 19 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Sedangkan beberapa penelitian terhadap sejumlah pria di Finlandia menunjukkan hasil yang sama. Studi atas 4.197 wanita dan 2.820 pria di Prancis menunjukkan bahwa meminum setidaknya tiga cangkir kopi sehari dapat menghambat penurunan fungsi kognitif otak akibat penuaan hingga 33 persen pada wanita. Namun, manfaat yang sama tidak ditemukan pada pria. Hal ini mungkin karena wanita lebih peka terhadap kafein.

Namun ada beberapa hal yang perlu Anda ingat mengenai kopi, selain manfaat dan khasiat kopi tentunya. Sebaiknya ada beberapa aturan dalam meminum kopi, diantaranya adalah:

Dalam mengkonsumsi kopi, sebaiknya kurangi gulanya ( ada sebagian orang minum kopi tanpa gula) atau ganti dengan gula batu.
Minum kopi harus teratur sebaiknya pagi hari sebelum beraktifitas di tempat kerja dan malam hari
Banyak manfaat dari kopi, namun Anda tentunya juga harus mengimbanginya dengan meminum air putih yang banyak, bagaimanapun air putih lebih berkhasiat dan bermanfaat bagi tubuh.
Demikian manfaat dan khasiat kopi semoga dapat bermanfaat bagi Anda.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

 
Copyright © 2013. Medica Farma - All Rights Reserved