Change Your Language

 

Kenali Gejala Penyakit Diabetes

0 komentar
Medica Farma : Kenali Gejala Penyakit Diabetes
Diabetes adalah salah satu penyakit berbahaya yang sering diderita manusia tanpa disadari. Gejala-gejala awal penyakit ini memang tidak begitu terlihat jelas dan penderita pada umumnya tidak mengetahui bahwa dirinya sedang ada di tahap awal terkena penyakit diabetes. Gejalanya memang kadang cukup ringan dan banyak orang-orang yang mengabaikan hal tersebut.

Mengenali gejala diabetes sedari dini sangatlah penting. Jangan biarkan semuanya terlambat, hingga anda harus menerima kenyataan divonis menderita penyakit tersebut. Nah berikut ini adalah beberapa Gejala Penyakit Diabetes yang tidak boleh anda remehkan.

1. Berat badan tiba-tiba Turun
Jika berat badan anda tiba-tiba menurun sedangkan anda tidak sedang melakukan program diet, berhati-hatilah. Ini bisa jadi merupakan gejala penyakit diabetes tipe 1 (satu). Ketika seseorang terkena diabetes, fungsi glukosa dalam tubuh tidak sedang baik. Akibatnya tubuh mengambil energi dari timbunan lemak sehingga berat badan jadi turun.

2. Sering buang air kecil dan sering haus
Jika setiap hari anda merasa kehausan dan volume buang air kecil begitu sering (poliuria), berhati-hatilah bisa jadi anda terkena penyakit diabetes. Hal ini juga membuat anda sering haus di siang harinya karena poliuria dan cairan tubuh berkurang.

3. Penglihatan kabur
Penglihatan anda mulai lemah dan kabur, bisa jadi ini merupakan awal gejala diabetes. Tingkat kadar glukosa yang naik menyebabkan tertumpuk di lensa mata sehingga penglihatan menjadi kabur dan sering tidak fokus.

4.  Mudah lelah
Gejala diabetes selanjutnya yaitu anda sering mudah sekali lelah tanpa sebab. Jika anda sering mudah lelah sebaiknya berhati-hati, perksa kondisi kesehatan anda.

5. Sering lapar
Anda sering merasakan lapar padahal anda sudah makan banyak sebelumnya. Dorongan rasa lapar ini membuat seseorang makan sangat banyak setiap harinya.

6. Terjadi Penggelapan Warna Kulit
Muncul bintik-bintik gelap di kulit disertai penggelapan warna kulit. Biasanya terjadi di sekitar leher. Jika hal ini terjadi, anda harus waspad bahwa ini merupakan salah satu gejala penyakit diabetes.

7. Luka yang lama sembuh
Jika anda mengalami luka yang lama sembuh, misal luka goresan yang lama mengering atau lama sembuh tak seperti biasanya. Anda harus mewaspadai ini merupakan salah satu gejala diabetes.

8. Kaki mati rasa ketika ditusuk jarum
Indikasi lain penyakit diabetes adalah menurunnya fungsi saraf. Salah satu tandanya adalah apabila kaki anda mati rasa ketika ditusuk jarum, merasa tidak merasa sakit atau bisa jadi sering kesemutan. Waspadalah ini gejala penyakit diabetes.

9. Infeksi Vagina dan Saluran Kemih
Ketika kadar glukosa dalam tubuh sudah melebihi batas, maka akan terjadi beberapa infeksi di bagian tubuh terutama di bagian vagina dan saluran kandung kemih. Jika hal ini terjadi pada anda, waspadalah anda bisa sedang terkena diabetes.

Nah itulah tadi beberapa Gejala Penyakit Diabetes. Intinya dengan mengetahui gejala-gejala tersebut lebih awal bisa sedikit mengantisipasi terjadinya penyakit diabetes.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

 
Copyright © 2013. Medica Farma - All Rights Reserved